Tuesday, January 2, 2018

RESMI!!! Jalur Pendakian Kerinci dari Solok Selatan

Jalur baru pendakian Gunung Kerinci melalui Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, telah bisa dilalui setelah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mensahkan rezonasi jalur tersebut, kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Arief Toengkagie.

Pendaki yang akan menjajal jalur baru yang jaraknya sekitar 12,4 kilometer ke puncak gunung dari batas TNKS itu, sebutnya harus mengurus surat izin masuk kawasan konservasi (Simaksi) yang bisa dilakukan di pusat informasi yang telah disediakan di pintu masuk jalur tersebut di Bangun Rejo, Kecamatan Sangir, Solok Selatan.

"Pusat informasi sudah kami bikin di jalur baru itu. Simaksi bisa langsung dibikin di pos itu atau dipesan dulu. Pembuatan bisa langsung," ujarnya.

Dikarenakan jalur tersebut merupakan zona rimba yang diperbolehkan dilintasi dan masih memiliki hutan yang lebat dan ekstrem, sebutnya para penghobi wisata minat khusus yang baru melalui jalur itu diimbau membawa pemandu.

"Kami sudah melatih sekitar 20 orang warga Bangun Rejo dan sekitarnya untuk menjadi pemandu," ujarnya.

Sebagai bentuk mendukung jalur pendakian baru itu, sebutnya TNKS telah melengkapi sejumlah infrastruktur seperti pusat informasi, jalur yang belum bagus namun telah bisa ditempuh, kemudian kantong-kantong air.

Selain itu salah satu yang sangat di butuhkan di lokasi camping ground Bangunrejo adalah tersedianya lokasi merchadise ataupun peralatan pendakian/out doors, semoga pihak-pihak yang berkaitan dan sudah memiliki nama di bidang outdoor bisa melirik kesempatan ini dan bisa berkoordinasi langsung dengan pihak Taman Nasional Kerinci Seblat/ TNKS.



Ayo ke Solok Selatan " Sorganya Para Petualang "

Ingin Menikmati dan menjelajahi eksotisnya Solok Selatan Silahkan Hubungi Kami 







0 comments:

Post a Comment